Friday, April 13, 2018

Raspberry Pi Adalah

Raspberry Pi Adalah


    Pertanyaan dasar yang mungkin sebagaian orang bertanya apa itu raspberry pi ?

secara singkat Raspberry Pi adalah komputer sebesar kartu kredit. dimana sudah terdapat sistem komputer di dalamnya yaitu Mikroprosessor, RAM, dan I/O.

dari pertama kali keluar, Raspberry PI mengalami perubahan dari segi teknlogi di dalamnya yaitu menambah kemampuan misal kecepatan prosesor dan kapasitas RAMnya maupun penambahan peripheral lainnya seperti BlueTooth dan Adapter WiFi.

versi terakhir dari raspberry pi adalah Raspberry PI 3 B+ dengan spesifikasi prosessor Broadcom BCM2837BO, Cortex-A53 (ARMv8) 64-bit SoC @1.4GHz. RAM 1 GB, terdapat bluetooth, WiFi Adapter, USB, LAN, HDMI dan lain sebagainya.

Namun sebelum Raspberry PI seperti sekarang ini, ada 7 hal dasar yang perlu kamu ketahui tentang Raspberry PI.

1. Dibuat pertama kali oleh Raspberry PI Foundation.


Raspberry PI Foundataion merupakan sebuah badan amal yang dibentuk dengan tujuan untuk mengenalkan kembali sistem komputer dasar di sekolah-sekolah di inggris dan di negara-negara berkembang. 

Ide dibalik Raspberry PI adalah mencetak pemogram generasi terbaru seperti revolusi microcomputer di tahun 1980 an. walaupun tujuan pertamanya adalah untuk pengajaran ke sekolah-sekolah, namun kenyataanya sekarang kebanyakan Raspberry PI digunakan pada bidang robotik maupun automation juga pada bidang IOT.

2. Nama Raspberry PI terdiri dari dua kata yaitu Raspberry dan PI.

Raspberry terinspirasi dari vendor-vendor terkenal yang menggunakan buah-buahan sebagai brand mereka sebut saja Apple, Blackberry, Apricot. sedangkan PI merupakan singkatan untuk Python.

 karena pertama kali Raspberry PI dibuat agar terdapat interpreter Python didalamnya. sehingga untuk pengembangan Raspberry PI itu sendiri rasanya lebih baik menggunakan module Pyhton untuk Tools pemograman, namun seperti OS linux kebanyakan, didalam OS Raspbian Raspberry PI juga terdapat compiler bahasa pemograman yang lain seperti C++, C dan lain lain.

3. Prosessor Raspberry PI menggunakan Prosessor yang sama pada sebuah SmartPhone yaitu ARM.

karena prosessornya menggunakan ARM, maka OS yang mungkin bisa diinstall adalah yang berbasis Linux,

 berbeda dengan OS Microsoft Windows yang dirancang untuk jenis sistem komputer dengan prosessor berasitektur x86. namun sudah terdapat Windows 10 IOT yang bisa di install di Raspberry PI.

4. Kecil namun berkemampuan luar biasa. 

dengan ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry PI mampu memberikan kemampuan seperti menjalankan program pengolah kata, spreadsheet, menonton film dengan kualitas HD dengan output HDMI mampu memberikan resolusi hingga 1080p.

5. berevolusi dengan cepat.

 kemampuan Raspberry PI 3 yaitu 10 kali performanya dari Raspberry PI generasi pertama. dengan kemampuan ini Raspberry PI mampu beradaptasi dengan kebutuhan akan keperluan komputasi berkembang terus-menerus.

6. Tidak terdapat RTC atau Real Time Clock pada Raspberry PI. 

program yang berjalan pada Raspberry PI dapat mengambil waktu dari Network Time Server atau input pengguna ketika pertama kali booting. 

untuk keperluan file system Raspberry PI menyimpan waktu ketika shutdown. dan menggunakannya kembali pada saat start up. terdapat module RTC luar yang bisa dihubungkan ke I2C.

7. Terdapat GPIO atau General Pin Input Output. 

merupakan I/O yang dapat kita program dengan bahasa pemrograman Pyhton untuk mengeluarkan data High dan Low, 

sama seperti pada mikrokontroller. jadi walaupun Raspberry PI dapat digunakan pada aplikasi yang tinggi. namun tidak melupakan untuk memberikan fasilitas untuk memberikan pemrograman Pin I/O yang rendah. dengan ini kita bisa membuat aplikasi Led berjalan seperti yang sering di gunakan pada mikrokontroller maupun Arduino.

itu merupakan 7 Hal dasar tentang Raspberry PI yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. mudah-mudahan memberi pengetahuan tambahan kepada yang baru belajar atau menggunakan Raspberry PI. dengan tujuan awal pembuatan yang mulia untuk mendorong generasi baru belajar akan sistem komputer. mari kita gunakan Raspberry PI untuk mewujudkan ide-ide dibidang sistem komputer untuk mendorong kemajuan pengetahuan di bidang sistem komputer.